Pahlawan Nasional : Keppres No. 118/TK/2000, tanggal 4 November 2000

Fatmawati (Hj. Fatmawati Soekarno).

Berasal dari Bengkulu     Usia saat meninggal : 57 tahun
Lahir : Senin Pahing, 5 Februari 1923   di Bengkulu, Indonesia
Gugur/Meninggal : Rabu Kliwon, 14 Mei 1980   di Kuala Lumpur, Malaysia
Lokasi Makam/Monumen : TPU Karet Bivak, Jakarta

Perjuangan & Kiprah:

Penjahit Bendera Nasional Indonesia Pertama, Aktivis Sosial, Istri Presiden Sukarno

Fatmawati yang bernama asli Fatimah (lahir di Bengkulu5 Februari 1923 – meninggal di Kuala LumpurMalaysia14 Mei 1980 pada umur 57 tahun)[1] adalah istri dari Presiden Indonesia pertama Soekarno. Ia menjadi Ibu Negara Indonesia pertama dari tahun 1945 hingga tahun 1967 dan merupakan istri ke-3 dari Presiden Pertama IndonesiaSoekarno. Ia juga dikenal akan jasanya dalam menjahit Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih yang turut dikibarkan pada upacara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Jakarta pada tanggal 17 Agustus 1945.

Fatmawati lahir dari pasangan Hassan Din dan Siti Chadijah.[2] Orang tuanya merupakan keturunan Puti Indrapura, salah seorang keluarga raja dari Kesultanan IndrapuraPesisir SelatanSumatera Barat.[3] Ayahnya merupakan salah seorang tokoh Muhammadiyah di Bengkulu.

Pada tanggal 1 Juni 1943, Fatmawati menikah dengan Soekarno, yang kelak menjadi presiden pertama Indonesia. Dari pernikahan itu, ia dikaruniai lima orang putra dan putri, yaitu Guntur Soekarnoputra, Megawati SoekarnoputriRachmawati SoekarnoputriSukmawati Soekarnoputri, dan Guruh Soekarnoputra.

Pada tahun 14 Mei 1980 ia meninggal dunia karena serangan jantung ketika dalam perjalanan pulang umroh dari Mekah yang lalu dimakamkan di Karet BivakJakarta.

Comments to: Fatmawati

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.